Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bobby Adhityo Rizaldi Dukung Pemerintah Cegah WN India Masuk Indonesia

Rabu, 28 April 2021 | April 28, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-28T04:40:36Z

 

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi (Foto:Ist)


Jakarta,Detakterkini.comAnggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi mendukung langkah Pemerintah mencegah masuknya warga negara India dan pelaku perjalanan dari India ke Indonesia mulai Sabtu 24 April 2021. Selain itu, pelayanan visa bagi warga negara India pun telah dihentikan sejak Kamis 23 April 2021.


“Setuju, kita dukung. Sebagai upaya jangka pendek menurunkan kasus dengan pembatasan sosial, selain membatasi mudik, juga perlu menutup pintu untuk beberapa saat bagi WNA India,” ujar Bobby Adhityo Rizaldi kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).


Karena, kata Bobby, sudah disinyalir bahwa virus Covid-19 di India sudah bermutasi. Sehingga, kata dia, walaupun ada surat negatif Covid-19 dari WNA India yang ingin masuk ke Indonesia, Pemerintah jangan mengambil risiko.


“Pemerintah kita dukung untuk bersikap tegas, toh negara-negara lain banyak yang bersikap sama kepada Indonesia,” ucapnya.


Lebih lanjut Bobby mengatakan Pemerintah jangan hanya galak kepada pemudik sehingga harus tegas juga untuk menutup pintu WNA India.


“Untuk WNI dari India, karena mereka adalah warga yang secara konstitusi wajib dilindungi negara, harus boleh masuk dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku saat ini,” tandasnya.


Diketahui, Pemerintah Indonesia membatasi pintu masuk di beberapa Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI). Pintu masuk bagi WNI yang akan pulang ke Indonesia hanya melalui TPI Bandar Udara Soekarno-Hatta, Bandar Udara Juanda, Bandar Udara Kualanamu, Bandar Udara Sam Ratulangi, Pelabuhan Laut Batam Centre, Pelabuhan Laut Sri Bintan Pura, dan Pelabuhan Laut Dumai.


Bersamaan dengan hal tersebut Polisi mengungkap bahwa ada mafia karantina yang meloloskan orang-orang dari luar negeri masuk Indonesia tanpa kewajiban karantina.


Menanggapi hal ini, Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Bobby Adhityo Rizaldi meminta agar mafia karantina ini diusut tuntas.


“Tindak tegas bila memang ada mafia ini oleh petugas di lapangan dan penegak hukum,” kata Bobby kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).


Bobby menegaskan Kementerian Luar Negeri RI sudah benar mengenai penegasan aturan karantina WNI dari India dan pembatasan WN India yang masuk.


Dia menyatakan kewajiban hukum mengatur orang-orang yang tiba di RI dari luar negeri ranah Imigrasi dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 RI.


“Bila sudah ada WNI di pintu masuk, ini sudah ranah petugas Imigrasi dan Satgas Covid,” katanya.

×
Berita Terbaru Update