Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Korupsi Pengadaan Tanah BUMN Rp1,3 Miliar, Kejati Kalbar Tahan Tersangka

Detak Terkini
Kamis, 27 Januari 2022, Januari 27, 2022 WIB

 

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Masyhudi memberikan keterangan pers. (Foto: Humas Kejati Kalbar).

PONTIANAK, DetakTerkini.com - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat (Kalbar) menangkap tersangka korupsi pengadaan tanah BUMN inisial B pada Rabu (27/1/2022) sore. Tersangka dijebloskan ke Rutan Kelas IIA Pontianak.

"Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus Kejati Kalbar secara resmi menangkap tersangka B dan menahannya hingga 20 hari ke depannya untuk proses hukum selanjutnya," kata Kepala Kejati Kalbar, Masyhudi dalam keterangan tertulis di Pontianak, Kamis (27/1/2022) dikutip dari iNews.id

Penangkapan B berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: Print-02/0.1/Fd.1/01/2022 tanggal 10 Januari 2022. Penyidik telah memiliki dua alat bukti yang cukup untuk menetapkan B sebagai tersangka dan melakukan penahanan untuk proses penyidikan.

Dijelaskan Masyhudi, tersangka B diduga kuat melakukan tindak pidana korupsi pembebasan tanah di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah sejak 2018 hingga 2020 untuk salah satu BUMN.

Akibat perbuatannya, negara mengalami kerugian hingga Rp1,3 miliar.

"Tersangka diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum, yaitu dengan alasan sebagai kuasa telah menjual tanah milik saksi Hendra Kusuma Wijaya dan saksi Mustapa kepada salah satu BUMN dengan harga melebihi yang ditentukan oleh pemilik tanah dan melebihi nilai pasar," tutur Masyhudi.
Tersangka B diancam Pasal 2 ayat (1), Pasal 3  jo Pasal 18 UU RI No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No. 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


"Penyidikan ini tidak hanya berhenti pada tersangka B saja dan akan terus kami kembangkan. Kemungkinan masih akan ada tersangka lainnya," kata Masyhudi.




Komentar

Tampilkan

  • Korupsi Pengadaan Tanah BUMN Rp1,3 Miliar, Kejati Kalbar Tahan Tersangka
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed