Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Lolos Hukuman Mati, WNI di Malaysia Dipulangkan

Detak Terkini
Rabu, 02 Maret 2022, Maret 02, 2022 WIB

 

Karni bin Bujang (kanan) lolos dari hukuman mati di Malaysia akhirnya bisa kembali ke Indonesia, Selasa (1/3/2022). (Foto: KJRI Kuching).


SANGGAU, DetakTerkini.com - Karni bin Bujang akhirnya bisa kembali ke Indonesia. Pria berusia 50 tahun itu lolos dari hukuman mati di Malaysia.

Warga Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat itu kembali ke Indonesia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Selasa (1/3/2022).


"Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Kuching berhasil membantu membebaskan Karni dari ancaman hukuman gantung," kata Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KJRI Kuching, Edelin melalui keterangan tertulisnya, Selasa (2/3/2022) dikutip dari iNews.id

Karni dijatuhi hukuman gantung pada 14 Januari 2022. Proses persidangan berjalan hingga empat tahun.


Kasusnya bermula ketika Karni yang bekerja sebagai tukang ojek ditangkap otoritas Malaysia di Pos Tentara Malaysia Telok Melano Batalion 11 PGA pada 15 Februari 2018.

Karni ditangkap di wilayah perbatasan Malaysia-Indonesia di Telok Melano, Lundu, sekitar 115 km barat daya Kuching, Sarawak.


Saat itu dia kedapatan membawa tas berisi narkotika jenis sabu seberat 5 kilogram. Barang terlarang itu milik Junaedi dan Riko, yang menyewa jasa Karni untuk mengantarkan tas itu ke Malaysia lalu kembali ke Indonesia.


Dalam persidangan, Karni didakwa dengan Pasal 39B Undang Undang Narkoba Berbahaya (ADB). Dakwaan itu memuat ancaman hukuman gantung.

Namun dalam persidangan tingkat Mahkamah Tinggi, Karni dinyatakan bebas pada 14 Januari 2022. Dia meninggalkan sel Penjara Puncak Borneo tempatnya menjalani penahanan selama empat tahun.

Setelah bebas dari penjara, Karni ditempatkan di shelter sementara di Kuching untuk pengurusan dokumen.

Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, petugas KJRI Kuching mengantar Karni kembali ke Indonesia lewat PLBN Entikong.



Komentar

Tampilkan

  • Lolos Hukuman Mati, WNI di Malaysia Dipulangkan
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed